Posted March 6, 2015 by admin in Umum

Program Peminatan Teknik Fisika ITB 2015

Sistem penjurusan di ITB memang sedikit berbeda dengan universitas maupun institut pada umumnya. Mahasiswa ITB harus melewati masa Tahap Persiapan Bersama terlebih dahulu, kemudian masuk jurusan bersaing dengan mahasiswa se-Fakultas. Tetapi ITB juga menawarkan kemudahan untuk masuk jurusan tanpa harus bersaing dengan mahasiswa se-Fakultas, yaitu melalui Program Peminatan. Program peminatan ini telah dilakukan setiap tahun, tetapi berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini ITB menawarkan 15 program studi yang masuk dalam daftar peminatan. Salah satu jurusan yang tahun ini masuk dalam daftar peminatan adalah Teknik Fisika.

Untuk mengikuti program peminatan, calon mahasiswa tetap harus mengikuti SNMPTN 2015 dan memilih fakultas yang menaungi program studi yang diminatinya di ITB pada laman SNMPTN 2015 (http://web.snmptn.ac.id/). Calon mahasiswa kemudian diharuskan untuk menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB yang telah diisi lengkap ke ITB. ITB tidak menerima dokumen lain selain dari Formulir Pilihan Program Studi ITB. Formulir Pilihan Program Studi ITB akan tersedia di laman ini pada masa pendaftaran SNMPTN, tanggal 13 Februari – 15 Maret 2015. Peserta SNMPTN 2015 tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari 1 (satu) program studi dalam Fakultas/Sekolah yang sama.

Berikut adalah contoh kasus pengisian Formulir Pilihan Program Studi ITB dan cara pemilihan program studi di laman http://web.snmptn.ac.id/ yang diperkenankan :

Contoh : Memilih program studi Teknik Fisika dari Fakultas Teknologi Industri di Formulir Pilihan Program Studi ITB

  • Contoh pengisian di Formulir Pilihan Program Studi ITB :
    • Pilihan 1 : Teknik Fisika (FTI-Kampus Ganesa)
    • Pilihan 2 : dikosongkan
  • Pengisian pilihan program studi di laman SNMPTN 2015 :
    • PTN 1 (ITB) Pilihan 1 Fakultas Teknologi Industri
    • PTN 1 (ITB) Pilihan 2 : dikosongkan