Laboratorium Instruksional

DSC_9129

Lab TF 1

Laboratorium instruksional didedikasikan untuk mendukung kuliah Laboratorium TF 1-4,  (TF2107, TF2207, TF3106 dan TF3206). Setiap kuliah Laboratorium TF ditangani oleh satu orang dosen pengampu yang dibantu oleh asisten praktikum dan teknisi. Setiap laboratorium dilengkapi dengan alat pemadam api ringan, alarm kebakaran dan CCTV. Setiap kuliah dilaksanakan dengan mengkombinasikan ceramah (kuliah tatap muka), praktek laboratorium berkelompok serta penyusunan laporan individual.

Kuliah TF 2107 Laboratorium Teknik Fisika I ditekankan pada pemahaman praktis mengenai analisis, pengukuran dan penyusunan rangkaian listrik dasar untuk mendukung kuliah TF2105 Rangkaian Listrik dan Elektronika yang diadakan di semester yang sama. Selain itu, ditekankan pula kemampuan analisis data eksperimen, menerapkan konsep statistik yang diberikan pada mata kuliah TF2102 Probabilitas dan Statistik. Materi yang diberikan meliputi konsep keselamatan dan manajemen pelaksanaan eksperimen, penguatan pemahaman hukum-hukum dasar dari rangkaian listrik sederhana, teknik pengukuran dan analisis data, serta teknik penyusunan rangkaian listrik untuk memenuhi fungsi dasar seperti penguatan, pengubahan bentuk dan pemfilteran sinyal listrik. Pada kuliah ini, mahasiswa dibimbing untuk menumbuhkan kemampuan dasar analisis, pengukuran, perancangan sampai dengan tahap implementasi suatu rangkaian listrik sederhana yang telah disebutkan di atas.

Rangkaian listrik yang dipelajari dianalisis secara teoritik, kemudian disimulasikan penggunakan perangkat lunak bebas lisensi LTSpiceIV dan Eagle, serta diuji pada kit praktikum maupun protoboard. Hasil pengujian dianalisis dan dibandingkan statistiknya dengan hasil analisis teoritik. Pada tiga minggu akhir semester, mahasiswa diberi tugas besar menganalisis dan merealisasikan rangkaian listrik untuk aplikasi yang ditentukan.

Perkuliahan dilaksanakan di Ruang Praktikum A, Gedung T.P Rachmat lantai 4. Pada tahun 2011-2013, kuliah ini diampu oleh Dr. Estiyanti Ekawati, dan pada tahun 2014 kuliah diampu oleh Dr. Eko Mursito Budi.

Tugas besar yang kuliah ini berkembang setiap tahunnya. Pada tahun 2014, tugas besar Lab TF 1 adalah membuat sistem audio, yang mensintesis pengetahuan dan keterampilan yang dibangun dari 7 modul praktikum yang dijalankan sepanjang semester.

TF 2013 membuat sistem audio untuk tugas besar Lab TF1

TF 2013 membuat sistem audio untuk tugas besar Lab TF1

Kuliah Laboratorium TF 2 (TF2207) dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan membangun sistem instrumentasi dan kontrol digital sederhana berbasis mikroprosesor dan PLC. Kuliah ini merupakan pendukung kuliah Sistem Logika Digital (TF2203). Prasyarat kuliah ini adalah Laboratorium TF 1 (TF2107) dan Rangkaian Listrik dan Elektronika  (TF2105). Lokasi pelaksanaan kuliah Laboratorium TF 2 adalah di Laboratorium Komputasi, di Gedung T.P Rachmat lantai 4 dan diampu oleh Dr. Eko Mursito Budi.

Tugas besar lab TF 2 pada beberapa tahun terakhir adalam membuat robot line follower, dan ditutup dengan kompetisi robot untuk seluruh mahasiswa tingkat II TF. Seru ya!

Kuliah laboratorium TF 3 (TF3106) dirancang untuk mebekali mahasiswa dengan keterampilan identifikasi karakteristik sistem pengukuran pada berbagai aplikasi. Kuliah ini mendukung pemahaman terhadap materi kuliah Metode Pengukuran (TF3102) serta Sensor dan Aktuator (TF3202). Praktikum ini dilaksanakan di Ruang Praktikum A dan B Gedung T.P Rachmat lantai 4 dan diampu oleh Dr. Augie Widyotriatmo.

Kuliah laboratorium TF 4 (TF-3206) dirancang untuk memberi pengalaman pengukuran dan kontrol di bidang lingkungan binaan dan energi dalam konotasi luas. Topik ini meliputi eksperimen pencahayaan, akustik, tata udara dan perpindahan panas, serta sistem kontrol temperatur menggunakan DCS/PLC. Kuliah ini berlangsung di Ruang Gelap dan Lab Akustik di Gedung T. P. Rachmat Lantai 3, Lab Refrigerasi dan Tata Udara di lantai 2 serta Lab Instrumentasi Industri lantai 2 . Kuliah ini mendukung pemahaman akan materi kuliah Termodinamika (TF2104), Fenomena Gelombang (TF3103), Akustik (TF3204), Analisis Termal (TF3205), Fisika Bangunan (TF4101), Metode Pencahayaan (TF4215), Rekayasa Lingkungan Termal (TF4118), dan Konservasi Energi
(TF4115). Kuliah ini diampu oleh Dr. Rizki Armanto.