Laboratorium Termal dan Kondisi Lingkungan

TKLLaboratorium Termal dan Kondisi Lingkungan yang biasa dikenal dengan nama Lab TKL berdiri pada awal tahun 1960-an. Lab yang dirintis oleh Prof. Ir. Iskandar Danusugondho atau biasa disebut pakar-AC Indonesia sebelumnya tergabung dalam Kelompok Keahlian Fisika Bangunan. Eksistensi lab TKL dilatarbelakangi oleh mulainya pembangunan gedung-gedung tinggi di Indonesia pada awal tahun 60-an yang memerlukan pengondisian tata udara yang baik sehingga dibutuhkan orang-orang yang ahli di bidang pengondisian tata udara. Oleh karena itu pada tahun 1963, Jurusan Fisika Teknik memperkenalkan kuliah Air Conditioning (AC).kemudian mengarah ke arah Cooling and Heating. “Jadi TKL itu sebetulnya berimbas dari nama induknya HVAC (Heating,Ventilating and Air Conditioning)” ujar Iskandar Danusoegondo. Pada awalnya lab TKL bertempat di Komplek Gedung Fisika ITB, tetapi saat ini berada di Gedung TP Rachmat lantai 2 dengan penanggung jawab ialah Ir. Wisnu Hendrajit.

Kelompok Keahlian Termal dan kondisi Lingkungan memiliki bidang kajian tentang Teknik Pengondisian Tata Udara, Bangunan dari Aspek Termal, Sistem Refrigerasi, dan HVAC (Heating, Ventilating, Air Conditioning).

Fasilitas yang tersedia untuk menunjang kegiatan laboratorium sebagai berikut :

  1. Ruang Iklim

Sebuah ruang hasil rekayasa termal untuk menyimulasikan keadaan temperatur ruangan yang kita inginkan.

  1. Air Blast Freezer

Suatu alat pendingin yang menghembuskan udara kering dengan temperatur rendah.

  1. Miniatur Cooling Tower
  2. Ducting
  3. Heat Exchanger (penukar kalor)
  4. AC simulator
alat simulasi cooling tower

Alat simulasi cooling tower

Screen shot 2015-04-22 at 8.54.45 PM

Ducting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa Program Studi Teknik Fisika yang sedang melakukan tugas akhir di Laboratorium TKL terkadang diberdayakan untuk mengerjakan proyek-proyek yang berkaitan dengan panas atau termal, di antaranya adalah merancang sistem pendingin udara pada ruang server dan ruangan lainnya yang memiliki beban termal.

Adapun fokus riset di lab TKL adalah:

– Perancangan Unit Freeze Drying

– Evaluasi Sistem Refrigrasi Bangunan

– Perancangan Sistem Tata Udara Ruang Operasi Rumah Sakit

– Peningkatan Efisiensi Energi Bangunan