Perpustakaan

Apa yang anda bayangkan bila mendengar kata PERPUSTAKAAN? Ruang tua penuh buku-buku jadul nan lusuh ala perpustakaan Hogwarts? Yang ini beda.

Perpustakaan Teknik Fisika merupakan salah satu tempat pertemuan paling meriah di lingkungan Teknik Fisika. Letaknya di persimpangan laboratorium dan ruang kuliah Gedung T.P Rachmat Lt 3, sehingga strategis untuk melepas jenuh diantara kuliah atau penelitian Tugas Akhir. Ruang nya seluas 150 m2, cukup luas untuk menampung mahasiswa yang datang untuk belajar maupun melepas jenuh

.

Perpustakaan TF ITB

Ruang baca Perpustakaan TF ITB

Sebagaimana perpustakaan pada umumnya, hal pertama yang dapat dicari di perpustakaan ini adalah buku. Namun bukan buku tua, melainkan ratusan buku teks asli hasil partisipasi alumni berbagai angkatan (thanks to IATF) untuk para adik angkatan yang sedang berjuang meraih gelar sarjana. Buku laporan Tugas Akhir, Thesis dan Disertasi sejak tahun 1973 tersusun rapi di rak, untuk diacu oleh para mahasiswa dan pe-Tugas Akhir. Bingung mulai cari dari mana? Anda bisa tengok katalog http://digilib.tf.itb.ac.id/ . Berselancarlah melalui situs tersebut, pastikan judul yang anda cari tersedia.

Perpustakaan ini juga dilengkapi internet hotspot serta beberapa komputer all in one (thanks to TF’83) untuk membantu mahasiswa berselancar di dunia maya. Area komputer dan area belajarnya luas. Suasana ruangnya cerah dan cozy dengan sirkulasi udara yang nyaman. Tersedia pula musholla untuk beribadah maupun sekedar menentramkan hati yang galau.

Bukan hanya buku fisik, buku-buku dan jurnal online juga dilanggan melalui http://www.lib.itb.ac.id/e-book dan http://www.lib.itb.ac.id/e-journal. Selama anda berselancar di dalam kampus ITB, beberapa jurnal ternama yang dilanggan ITB dapat diakses dan diunduh gratis. Silakan coba beberapa link pada daftar jurnal di akhir artikel ini. Tapi jangan coba-coba mengunduh satu jurnal sekaligus dalam satu waktu, karena seluruh ITB akan dipenalti berhenti berlangganan jurnal yang bersangkutan. Informasi mengenai berbagai event kemahasiswaan dan akademik juga di drop di perpustakaan ini. Jadi pastikan mampir supaya tidak ketinggalan berita.

Rina Kania

Bu Rina Kania, pengelola perpustakaan TF idola para mahasiswa

Perpustakaan ini dirawat sepenuh hati oleh Bu Rina Kania. Ibu yang satu ini punya tempat tersendiri di hati mahasiswa Teknik Fisika, karena dengan sabar menampung curhat para mahasiswa dan menyemangati supaya kembali kuliah dan segera menyelesaikan Tugas Akhir.Tak heran, perpustakaan merupakan salah satu tempat yang pertama dikunjungi para alumni muda, justru sebelum menghadap Kaprodi dan dosen wali untuk minta surat rekomendasi.

Siapa bilang perpustakaan ini hanya untuk mahasiswa Teknik Fisika? Silakan mampir dan berbincang dengan Bu Rina dan para pengunjung perpustakaan yang lain. Anda akan dapatkan suasana baru yang tidak pernah ditemui dari perpustakaan lainnya.

 

Jurnal online apa saja yang bisa diakses di lingkungan kampus ITB?

  1. Elsevier ScienceDirect Engineering
    Engineering full
  2. The IEEE/IET Electronic Library
    Wide range of technology
  3. ProQuest Science Journal
    Science
  4. ProQuest ABI/INFORM Global (BPO Global)
    Business and management journal database
  5. American Chemical Society (ACS)
    Chemistry
  6. Springer e-Journals – Engineering
    Engineering
  7. SIAM Journal : Society of Industrial and Applied Mathematics
  8. American Institute of Physics (AIP)
  9. American Society of Civil Engineers (ASCE)
  10. Ebsco Science
    Science
  11. Ebsco Art and Architecture
    Art and Architecture
  12. OnePetro