Posted March 11, 2015 by admin in Kemahasiswaan

Resep Sukses Kuliah di Teknik Fisika ITB

RESEP SUKSES KULIAH DI TEKNIK FISIKA ITB

Tingkat 1 – Mengenal kehidupan perkuliahan

Tingkat ini merupakan masa adaptasi bagi mahasiswa perantauan. Disarankan untuk mengikuti berbagi kegiatan kampus di Kabinet dan Unit untuk memperluas pertemanan. Pada tahap ini sesama tingkat satu memiliki kesamaaan nasib di perkuliahan karena yang dipelajari untuk semua fakultas disamakan (Tidak termasuk SBM dan FSRD). Sehingga tahap TPB merupakan tahap persaingan dalam mengejar IP guna memilih program studi yang di Inginkan. Sebaiknya perbaiki pola belajar kalian, jangan samakan dengan ketika SMA, perbanyak membaca buku dan latihan soal.

Kalau tidak ingin menyia-nyiakan jerih payah belajar fisika, kimia, biologi dan matematika sejak SMA dan TPB, program studi Teknik Fisika-lah tempatnya. Di sini semua ilmu tersebut akan diterapkan dalam berbagai aplikasi yang seru dan sesuai minat, bakat dan hobby – dari Olahraga sampai Seni, dari Kesehatan sampai Industri. Di mana lagi bisa membuat aktivitas olahragamu  menjadi sarana mengumpulkan energi? Hanya di Teknik Fisika!

Tingkat 2 – Masa Adaptasi di Teknik Fisika

Tingkat ini merupakan masa yang paling menentukan. Hal ini karena mata kuliah yang dipelajari merupakan mata kuliah dasar yang akan digunakan pada tingkat selanjutnya. Jadi penting pada masa ini sudah fokus, tidak bergalau-galau, supaya energi bisa full untuk mendalami mata kuliah baru dan menjalani masa orientasi program studi Teknik Fisika. Jadi di tahun ini jalankanlah kuliah dengan sebaik-baiknya serta belajar untuk mengelola waktu dengan bijaksana. Jangan lupa jaga komunikasi dengan dosen wali dan teman-teman seangkatan supaya selalu semangat.

Para alumni sudah membuktikan bahwa ilmu yang dipelajari di tingkat 2 dan 3 ternyata menjadi modal sukses mereka di tempat kerja.

Tingkat 3 – Penerapan Bidang Keahlian Teknik Fisika

Di tingkat inilah mahasiswa betul-betul merasakan menjadi mahasiswa Teknik Fisika. Banyak mata kuliah yang mejelaskan tentang penerapan ilmu pada tingkat 2. Terdapat pula berbagai mata kuliah pilihan khas Teknik Fisika yang bisa diambil. Mata kuliah ini sangat beragam karena topik liputan Teknik Fisika memang sangat luas. Terbuka luas peluang menerapkan ilmu Teknik Fisika pada berbagai aplikasi, tergantung pada kreativitas mahasiswa. Karena itu, masa ini merupakan masa yang paling menyenangkan dalam perkuliahan. Masa paling asyik untuk ikut lomba-lomba bergengsi di tingkat nasional dan internasional. Jadi, jangan sia-siakan masa ini. Keep healthy and keep busy!!!

Tingkat 4 – Aplikasi Teknik Fisika

Pada tingkat ini sistem kuliah lebih aplikatif dan mandiri. Diharapkan mahasiswa lebih mandiri dalam belajar serta dalam mempelajari sesuatu. Pada perkuliahan diperbanyak metode presentasi dan studi kasus. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapan sarjana yang siap terjun di masyarakat. Pada tingkat ini terdapat mata kuliah yang menyatukan jurusan-jurusan di FTI (Teknik Fisika, Teknik Kimia, MRI dan Teknik Industri) untuk menyelesaikan masalah bersama-sama dan memberikan solusi dengan menggabungkan keilmuan pada masing-masing jurusan.

Tentunya yang paling seru adalah pengerjaan Tugas Akhir! inilah masa pembuktian identitas sebagai calon insinyur Teknik Fisika. Siapkan diri dengan kemampuan yang komplit, pilih partner yang saling melengkapi, bekerjalah kompak demi kelulusan yang gemilang!!