S3 Teknik Fisika | Teknik Fisika ITB
 



S3 Teknik Fisika

Program Doktor Teknik Fisika (S3)

Program Studi Doktor Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung dirancang untuk memberikan kemampuan lebih mendalam pada bidang engineering yang spesifik, berdasarkan pada perkembangan teknologi terkini dan kecenderungan perkembangan teknologi masa depan.

I. Tujuan

Teknik Fisika (Engineering Physics) merupakan bidang keilmuan rekayasa engineering) yang mempelajari multifaset gejala-gejala fisika, sehingga seorang teknik Fisikawan memiliki ciri khas pengetahuan matematika, ilmu sains dan dasar rekayasa yang kuat, yang dengannya dapat melakukan analisis, perancangan (design) dan rekayasa (engineering).

Kompetensi lulusan doktor Teknik Fisika ITB, memiliki:
a.kemampuan meneliti secara mandiri sesuai dengan kaidah dan metodologi ilmiah, dan menyumbangkan karya orisinil yang menunjukkan keahliannya.
b.kepribadian dan sikap teladan

II. Program Doktor Teknik Fisika

Program studi Doktor Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung dirancang untuk memberikan kemampuan lebih mendalam pada bidang engineering yang spesifik, berdasarkan pada perkembangan teknologi terkini dan kecenderungan perkembangan teknologi masa depan. Latar belakang pengetahuan yang diperoleh pada program sarjana dan magister dapat memadai untuk memulai program Doktor Teknik Fisika, yang menyediakan beberapa bidang riset, yaitu:

1. Instrumentasi dan Kontrol
2. Intelligent System
3. Fisika Bangunan & Akustik
4. Computational Acoustics
5. Optical Instrumentation
6. Komputasi & Proses Material
7. Special Functional Materials

III. Kurikulum

Klik ini untuk melihat kurikulum

IV. Persyaratan Umum Dan Formulir Pendaftaran

Persyaratan umum penerimaan dan pendaftaran Program Doktor Teknik Fisika dapat dilihat pada website Program Pasca Sarjana ITB http://www.pps.itb.ac.id atau http://usm.itb.ac.id

V. Pendaftaran

Keterangan lebih lanjut beserta jadual seleksi masuk dapat diperoleh di:

Tata Usaha Akademik Program Studi Doktor Teknik Fisika ITB
Lab.Tek VI, lantai 2, Jl. Ganesa 10, Bandung-40132
Fax. : 022 – 2506281 ext 136, 137