S1 Teknik Fisika

Program Sarjana Fisika Teknik (S1)

Pendidikan Sarjana Fisika Teknik bertujuan menghasilkan sarjana teknik yang mampu mengembangkan diri lebih lanjut dan menjembatani konsep pengetahuan fisika yang modern dan terkini dengan implementasinya sehingga dapat berperan dalam penerapan maupun pengembangan teknologi yang berlatar belakang ilmu fisika juga mempercepat proses perwujudan suatu teknologi baru.

10526710_10202348225450403_1105455292_n

Pengantar

Program Studi Fisika Teknik didirikan pada tahun 1950 sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Bandung. Program Studi Fisika Teknik kemudian berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan di bawah Fakultas Teknologi Industri yang menaungi bidang-bidang teknologi yang modern.

Pada tahun 1999 Departemen Fisika Teknik memulai suatu proyek pengembangan yang disebut dengan QUE-PROJECT (Quality Improvement of Undergraduate Education-PROJECT). Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sarjana lulusan Program Studi Teknik Fisika. Proyek ini didukung secara finansial oleh Bank Dunia dan berlangsung selama lima tahun.

Pengakuan ini dilanjutkan dengan dukungan finansial dari Program Hibah Kompetensi B (PHKB) pada tahun 2004-2009 dan Program Hibah Kompetensi Institusi (PHKI) pada tahun 2008-2010.

Orientasi Pendidikan

Konsep pendidikan Fisika Teknik berorientasi pada ilmu rekayasa (engineering) yang ditunjang ilmu pengetahuan dasar (science) yang kokoh khususnya ilmu Fisika dan Matematika sehingga nantinya dapat melahirkan Sarjana di bidang Fisika Teknik. Pendidikan Sarjana Fisika Teknik bertujuan menghasilkan sarjana teknik yang mampu mengembangkan diri lebih lanjut dan menjembatani konsep pengetahuan fisika yang modern dan terkini dengan implementasinya sehingga dapat berperan dalam penerapan maupun pengembangan teknologi yang berlatar belakang ilmu fisika juga mempercepat proses perwujudan suatu teknologi baru.

Lulusan

Lulusan Fisika Teknik bekerja di berbagai industri sebagai insinyur profesional di bidang instrumentasi dan kontrol bidang industri dan kesehatan, lingkungan binaan dan sistem energi, perancangan dan pemrosesan material,  staf peneliti di bidang teknologi terapan, staf pengajar di institusi pendidikan. Kelebihan yang spesifik dari lulusan Fisika Teknik adalah kemampuannya untuk bekerja dengan sistem yang melibatkan secara simultan banyak aspek fisika dan teknik.

Kurikulum

Kurikulum Program Sarjana (S1) Fisika Teknik berlangsung dalam tiga tahap dengan total kredit 144 sks. Pada tahap pertama atau Program Tahap Persiapan Bersama (TPB) mahasiswa akan mempelajari ilmu-ilmu dasar. Pada tahap kedua atau Tahap Sarjana Muda, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ilmu rekayasa, dan pada Tahap Sarjana, mahasiswa akan dibekali dengan bidang-bidang keahlian yang diminatinya.

Bidang Keahlian Fisika Teknik

Bidang-bidang keahlian bidang Fisika Teknik antara lain :

  1. Kelompok Bidang Keahlian Instrumentasi dan Kontrol
  2. Kelompok Bidang Keahlian Lingkungan Binaan dan Sistem Energi
  3. Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Material (Semi konduktor, Super konduktor, Komposit, Bahan Elektronik)

Kontak

Informasi dapat diperoleh di :

Tata Usaha Akademik Program Studi Teknik Fisika
Gedung TP Rachmat (Labtek VI) Lantai 2 Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha No. 10 Bandung
Telp. 022-250 4424 (ext 136, 137)
Fax. 022-2506281