Polisi Tidur Piezoelektrik Sebagai Pembangkit Listrik dengan Memanfaatkan Energi Kinetik Kendaraan Bermotor

Riset oleh: Eka Permana Putra (13311028) dan Elfi Yulia (13311091)

Energi merupakan isu yang krusial. Kebutuhan energi akan selalu mengalami peningkatan, namun di sisi lain, pasokan energi (yang masih didominasi oleh energi fosil) mengalami penurunan. Tidak imbangnya demand dan supply energi membuat pengembangan energi alternatif selain energi fosil menjadi sangat penting. Ada dua jenis energi alternatif yang dapat dimanfaatkan, yaitu renewable energy dan waste energy. Pada riset, ini dilakukan penelitian dan perancangan sistem untuk memanfaatkan waste energy berupa energi kinetik kendaraan bermotor.

Piezoelektrik merupakan material kristal yang bisa menghasilkan listrik saat mengalami kompresi atau vibrasi. Sifat material piezoelektrik ini merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi sumber energi alternatif. Pada riset ini, dilakukan peracangan polisi tidur piezoelektrik pemanen energi. Akan dilakukan perancangan dan uji coba sistem untuk mendapatkan desain yang paling optimal dari segi sistem mekanik, kantilever, harvesting energy dan penyimpanannya.

pol

Prinsip kerja sistem polisi tidur piezoelektrik yang akan dibuat ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

prinsip

Adapun rancangan dari sistem polisi tidur piezoelektrik adalah sebagai berikut.

Screen shot 2015-04-23 at 4.52.37 PM

Pada riset ini, piezoelektrik yang digunakan adalah Kinez K7520BP2. Adapun penjelasan untuk komponen-komponen penting dalam perancangan ini adalah sebagai berikut.

  • Polisi tidur

Polisi tidur (alat pembatas kecepatan) adalah bagian jalan yang ditinggikan yang dipasang melintang di jalan untuk pertanda memperlambat laju kendaraan. Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 3 Tahun 1994, desain polisi tidur adalah sebagai berikut.

polisitidur2

  • Kinez K7520BP2

Berikut merupakan detail dari Kinez K7520BP2.

kinez1

 

 

  • Sistem Kantilever

kantilever

 

Kantilever merupakan batang tumpuan memanfaatkan sifat rotasi dan keseimbangan. Sistem kantilever dibutuhkan untuk menjaga ketahanan kerja piezoelektrik terhadap tekanan dengan mengatur defleksi pada kantilever.

 

 

 

 

  • Sistem Energy Harvesting

Sistem harvesting energy bertujuan memaksimalkan energi masukan, energi elektromekanik (koefisien coupling) dan mengoptimasasi energi transfer.

EH

 

  • Sistem Penyimpanan

Energi listrik yang dihasilkan oleh piezoelektrik disimpan dahulu sebelum digunakan.

Screen shot 2015-04-23 at 6.03.07 PMScreen shot 2015-04-23 at 6.03.14 PM